Edisi Nostalgia : 7 hal yang bikin kangen masa-masa kuliah


Memang benar kata pepatah, bahwa kita akan merasa kehilangan sesuatu jika kita tidak memiliki atau mengalami sesuatu itu lagi. Sama seperti masa perkuliahan. Dulu ketika kuliah, gua (dan mungkin kebanyakan dari kalian) pengen cepet-cepet lulus karena ga tahan dengan tugas yang seabrek-abrek, pengen cepet lulus kuliah karena pengen cepet kerja dan punya penghasilan sendiri, atau bahkan pengen cepet lulus kuliah karena pengen cepet-cepet naik ke pelaminan (?).

Tapi, setelah kita lulus kuliah dan terjun ke dunia kerja, ternyata masa-masa kuliah itu ngangenin juga ya... Jadi inget kenangan zaman kuliah dulu, mulai dari rapat organisasi sampai tengah malam, ngerjain tugas di kosan temen, belajar ujian pakai sistem kebut semalam (SKS), sampai drama-drama percintaan ala remaja tanggung.

Apalagi di saat pandemi sekarang ini, mau ke mana-mana susah. Akhirnya di rumah aja, palingan main HP. Iseng-iseng buka galeri di HP, kebanyakan foto-foto waktu kuliah. Buka arsip di blog ini, kebanyakan juga cerita tentang masa perkuliahan.

Nah, di postingan kali gua akan mengajak kalian buat nostalgia kenangan-kenangan waktu kuliah dulu. Beberapa dari kalian mungkin pernah mengalami hal-hal ini. Inilah beberapa hal yang bikin kita kangen masa perkuliahan versi mantan mahasiswa.

1. Rebutan isi Kartu Rencana Studi (KRS)

Yooo KRS is in da house
Kuliah tanpa isi KRS ibarat sayur tanpa garam. Kurang nendang shay. Apalagi kalau sistem pengisian KRS kalian pakai metode rebutan alias ‘siapa cepat dia dapat’. Beuh… sensasinya lebih dari rebutan konser K-POP. Soalnya telat sedikiiiit aja, kelas yang diampu oleh dosen incaran kita udah ludes tak tersisa. Kalau dapat dosen killer, alamak bakal menderita selama enam bulan ke depan.

Siapa yang dulu sering janjian isi KRS sama temen sekufu biar nanti bisa satu kelas? Fix, kita satu frekuensi WKWK. Tapi kadang nih, udah janjian sama temen satu geng, eh ternyata temen kita gak kebagian kelas bareng kita. Atau mungkin kita yang gak kebagian kelas sama temen satu kufu.

Pas lagi isi KRS juga ada aja nih cobaannya. Mulai dari internet yang lemot, server nge-down karena banyak yang akses, sampai kelupaan jadwal isi KRS. Pernah waktu itu pas semester dua, gua isi KRS di rumah. pakai laptop dan tethering pake Ax*s. Nah, pas enak-enaknya isi KRS, tiba-tiba jaringannya ilang. Anjir, panik ga tuh! Alhasil, gua pergi ke Warnet yang internetnya lancar jaya cuma buat isi KRS satu semester ke depan. Hasilnya, kelas incaran gua sudah ludes tak tersisa...

Pernah juga, waktu itu jadwal isi KRS gua berbarengan dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekalongan. Sangking menikmati suasana KKN kali ya, gua sampai lupa kalo ada jadwal pengisian KRS. Akhirnya gua dapet kelas sisa deh. Hadeuh, kalo diinget-inget lucu sih. Tapi kangen juga…. :”)

2. Jadi Budak Organisasi


Mungkin mayoritas dari kita mantan mahasiswa pernah ikut paling tidak satu organisasi kemahasiswaan di kampus dulu. Entah itu BEM, pers kampus, kelompok studi, himpunan mahasiswa, senat, dan lain sebagainya. Nah, sering gak sih kalian ikut rapat organisasi sampai malem? Kalau sering, tos dulu! Berarti kita sama-sama budak organisasi pada zamannya.

Abis rapat terus pulang? Ya nggak dongs. Buat kita mantan anak kosan, abis pulang rapat pasti melipir ke tempat makan, entah itu angkringan, kucingan, penyetan, dll. Tujuannya biar sampai kosan langsung tarik selimut tanpa mikir mau makan apa.

3. Danusan buat mendukung finansial organisasi

Komoditas danusan di Kampus FEB Undip
Nah ini masih ada kaitannya sama poin kedua. Sebagai mantan budak organisasi, kita pasti pernah melakukan yang namanya danusan. Apa itu danusan? Cuss baca dulu di sini. Intinya, danusan adalah ‘jalan pintas’ yang dilakukan mahasiswa untuk membantu finansial organisasinya.

Nah, zaman gua kuliah dulu, danusan itu banyak macemnya. Yang paling mainstream sih jual gorengan, kayak sosis solo, tahu bakso, risol mayo, tahu isi, pastel, dan lainnya. Ada juga yang jualan kaus (baju), biasanya sih pake embel-embel almamater. Pangsa pasarnya sudah jelas, maba-maba gemesh yang masih bangga-bangganya sama almamater WKWK. Kalo angkatan tua mah udah kagak mikirin almamater, yang penting lulus :(

Eh ada juga yang jualan pakaian bekas (kalo orang Jawa nyebutnya ‘ngawul’). Jadi, masing-masing anak bawa pakaian bekas yang masih layak buat dijual. Nah, pagi-pagi buta kita ke pasar kaget. Pasar kaget di Semarang biasanya ada di depan Stadion Diponegoro setiap hari minggu pagi.

Ngawul
Yang paling gua inget dari danusan sih, kita yang jual, kita juga yang beli, Haha.. Apalagi pas awal-awal danusan, aku yang introvert ini (Indira Kalistha kali ah) sangat sungkan dan malu menawarkan dagangan ke kakak-kakak kelas. Alhasil, itu gorengan gua yang beli semua.. Sarapan, makan siang, makan sore, makan malem, pake tahu bakso semua 😿. Kok ya dipikir-pikir gua dulu se-loyal itu ya sama organisasi? Sampai rela capek-capek jualan gorengan. Padahal kan uangnya buat organisasi, bukan buat kita ya.. Dahlah, namanya juga udah telanjur cinta.

Tapi serius, dari danusan kita bisa belajar kalau cari uang itu susah. So guys, buat kalian yang masih kuliah, jangan sia-siakan amanat orang tua kalian ya.

Baca Juga :


S.E tengah Mati menuju S.E


Tips-Tips Perang KRS


Jalan Panjang Menuju Undip

4. Mau main? Tinggal atur waktu.

Percaya gak, jalan-jalan ke Jepara ini direncanakan H-1 keberangkatan
Serius, ini jadi salah satu hal yang paling gua kangenin dari masa-masa kuliah. Mau main, tinggal kontak temen, langsung cus jalan. Sabtu dan Minggu benar-benar jadi hari libur tanpa ada gangguan tugas. Buat kalian yang sering baca postingan ‘jalan-jalan’ di blog ini, pasti sering nemu postingan jalan-jalan tanpa rencana. Ya memang kenyataannya begitu. Semudah itu jalan-jalan waktu kuliah, meskipun sekadar main ke Alun-alun Simpang Lima, CLBK* ke Gramedia, atau kulineran irit ala anak kosan ke Pecinan. *CLBK = Cuma Liat Beli Kagak.

Sekarang? Boro-boro main. Buat ketemu temen lama aja susehhh. Giliran kita bisa, temen kita gabisa. Giliran temen kita bisa, kita yang gabisa. Intinya, sekarang semakin susah buat ‘menyatukan’ timeline sama temen-temen.

5. Kerja kelompok dan belajar bareng di rumah atau Kosan Temen
Meskipun udah kuliah, tapi tetep ya ada kerja kelompok dan belajar bareng. Dan bahkan frekuensinya lebih sering dari zaman SMA. Biasanya sih kita nentuin kosan temen yang buka 24 jam alias ga ada jam malamnya, plus ada wifi-nya karena internet adalah kebutuhan pokok bagi mahasiswa. Dan lagi-lagi, kalau ada tugas kelompok dan belajar bareng pasti kita milihnya temen yang satu kufu. Hahaha.

Sebenernya, hal yang paling memorable dari kerja kelompok ini bukan ‘ngerjain tugasnya’ sih, tapi hal lain. Apa itu? YA GIBAH LAH. HAHA. Gua yakin, kalau kalian kerja kelompok sama temen satu kufu, 80% pasti dihabiskan buat gibah, 10% bercanda, nah baru deh 10% nya ngerjain tugas dan belajar 🤣. 

6. Nangis
Kumenangiiiiiiiiiiisss membayangkan
Intinya, selama kalian jadi mahasiswa, kalian pasti pernah nangis. Entah itu nangis karena kebanyakan tugas, nangis gara-gara organisasi, nangis gara-gara konflik sama temen, nangis gara-gara kangen rumah, nangis gara-gara skripsi, atau mungkin nangis gara-gara percintaan.

Boleh curhat gak sih? Haha. Ini adalah nangis paling ikonik sepanjang gua kuliah. Jadi, organisasi gua waktu itu mau adain acara. Acaranya cukup besar, seminar nasional gitu. Nah, rencananya mau ngundang suaminya Titi Kamal yakni Christian Sugiono sebagai pembicara karena tema dari seminarnya berkaitan dengan ekonomi teknologi. Kok ngundang Christian? As u know lah, doi pemilik malesbanget.com yang kala itu digandrungi oleh anak-anak muda. Apalagi dulu ada Jalan-Jalan Men yang bener-bener lagi booming banget di kalangan mahasiswa. Nah, Jalan-Jalan Men ini ada di bawah naungan Malesbanget.com

Singkat cerita, ini emang murni kebodohan saya sih. Jadi waktu itu pihak Christian belum ngabarin bahwa mereka bisa hadir atau nggak. Nah karena miskomunikasi atau apa, entah kenapa akhirnya gua putuskan buat membuang tanda bintang di poster acara yang menandakan bahwa Christian udah fixxx dateng (padahal mah belum fix). Waktu itu, gua ditugasin jadi Koordinator Acara.

Nah, tiba-tiba pihak Christian bilang kalo kemungkinan besar doi gabisa dateng karena acara gua itu digelar di hari Sabtu alias weekend. Duh, mampus ga tuh…. Mana udah terlanjur nyebar poster dan bilang kalo Xtian bakal dateng. Ya allah.. Pusing banget..

Akhirnya temen gua yang bertindak sebagai ketua acara langsung nelpon pihak Christian buat mastiin atau nggak. Soalnya waktu itu udah bener-bener di ujung tanduk karena emang si Christian ini gak bisa dateng kalau pas weekend.

Duh mampus...... Asli, itu adalah momen paling deg-degan yang pernah gua alami. Di satu sisi gua udah terlanjur sebar poster dan bilang kalau Christian udah fix dateng, di sisi lain pihak Christian bilang kalau mereka belum fix bisa dateng. Karena sangking pusingnya, bingung mau cerita ke siapa, akhirnya gua nelpon ibu gua. Sambil nangis-nangis sekaligus minta doa. Sekalian minta maaf juga kalo gua banyak salah :(

W : “Bu, doain ya supaya Christian jadi dateng ke acara Dewa.”
Emak : “Christian siapa? Bautista?
W : “Sugiono -____- ”

Untungnya waktu itu temen sekamar gua belum dateng, jadi bener-bener puas nangis lewat telpon. Ajaibnya... emang kayaknya Allah masih sayang gua yak, plus doa emak emang paling mujarab sih. Pihak Christian tiba-tiba bilang ke Ketua Acara kalau mereka bisa dateng ke acara seminar gua… Gua? Tambah kejer nangisnya WKWKWK. Kalo ini sih nangis karena seneng ya. Hahaha. Thank you buat Mas Tian karena telah mewarnai masa-masa kuliah ku :)

Mas Christian yang sempet bikin w nangis bombay

7. Skripsh*t atau Skripsweet?


Bolak-balik perpus jadi hal biasa
Sampailah kita di saat-saat yang paling berkesan selama kuliah : menyusun skripsi alias skripsian. Gua yakin, kalian pasti punya kenangan tersendiri dengan yang namanya skripsi. Mulai dari proposal judul yang ditolak, data yang sulit didapat, diomelin dosen pembimbing, ganti judul skripsi sampai berulang-ulang, dan sebagainya. Tapi, ada juga yang skripsinya mulus banget kayak jalan tol. Makanya, ada yang nyebut skripsi sebagai 'skripsh*t' karena sangking alotnya, tapi ada juga yang bilang skripsi sebagai 'skripsweet' karena gampang-gampang aja. Kalau versi kalian yang mana?

Mungkin bagi yang skripsinya pakai metode primer, kalian pasti kangen dengan masa-masa terjun ke lapangan buat ambil data. Panas-panasan, ongkos juga kadang lebih mahal dibanding pakai metode primer. Kadang udah jauh-jauh ke lokasi penelitian, eh ditolak sama narasumber. Tapi pada akhirnya, semua perjuangan kita terbayar sudah dengan status ‘Lulus’ dari dosen penguji.

Bonus :
8. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Adik-adik SDN 01 Mejasem
Gak semua universitas di Indonesia ada program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Makanya bagian ini gua taruh di paling bawah. Tapi, beneran deh KKN jadi salah satu masa-masa di perkuliahan yang paling gua kangenin. Karena saat KKN lah gua baru benar-benar merasakan atmosfer berbeda yakni dengan terjun langsung ke masyarakat.

Baca Juga :


Segudang Cerita Kuliah Kerja Nyata


Konvergensi Media di Indonesia


Tips Kerja Part Time sambil Kuliah


Yang paling gua kangenin dari KKN itu suasana kekeluargannya. Kebetulan waktu itu gua KKN di Kabupaten Pekalongan. Masyarakat sana benar-benar masih mengusung asas gotong royong. Apa-apa dikerjain bareng-bareng dan sama-sama. Masyarakat di Desa tempat gua KKN juga ramah-ramah banget, apalagi anak-anaknya. Mereka sangat antusias kalau ada mahasiswa yang KKN. Setiap lewat kami pasti dipanggil dan dilempar senyuman hangat.

Yang paling berkesan selama KKN tuh, akhirnya gua nonton pagelaran wayang untuk pertama kalinya! Selain itu, gua juga sempat ikut upacara adat ‘Legenonan’ atau sedekah bumi, yang bertujuan untuk meminta hasil panen yang berlimpah. Suwer, ini pengalaman yang gak bakal terulang buat kedua kalinya.

Wayang Golek
KKN juga biasanya dibumbui oleh bermacam drama.. Entah itu drama percintaan, drama adu mulut, drama adu njotos, sampai drama horror dan mistis juga ada. Sesuai dengan kata pepatah : "KKN tanpa drama ibarat sayur tanpa garam ; HAMBAR"

Buat kalian yang pernah KKN, gua yakin ini menjadi salah satu momen paling berkesan selama kalian kuliah. So, beruntunglah buat kalian yang pernah KKN.

***

Nah itulah beberapa hal yang bikin ‘mantan mahasiswa’ rindu akan masa-masa perkuliahan. Untuk kalian yang masih kuliah dan berstatus mahasiswa, nikmatilah masa-masa kuliah kalian. Karena salah satu hal yang tidak bisa diulang kembali adalah waktu. Dari banyaknya kenangan masa kuliah, momen apa yang paling kalian kangenin? Yuk, bagikan di kolom komentar!

Saat naik ke puncak gunung ada masanya kita turun. Saat pergi ada masanya kita pulang. Saat bertemu ada masanya kita berpisah. Pada akhirnya kita sadar bahwa semua ada masanya. Tapi saya harap tidak untuk pertemanan, tidak ada teman pada masanya, hanya teman untuk selamanya.
-Arief Subagja

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.