S.E.tengah Mati menuju S.E




Apa sih tujuan kalian kuliah?


Cari ilmu? Itu pasti. Atau cari pengalaman? Atau mungkin cari jodoh (?). Atau mungkin yang paling ekstrem yakni ngabisin duit karena udah jadi horang kayah sejak lahir? Ya, apapun tujuan kalian kuliah, yang pasti tujuan utama setiap mahasiswa adalah satu : LULUS! Iya apa iya??! Lulus tepat waktu, dapet ilmu bermanfaat, skripsi dapet nilai bagus, dan IPK 'memuaskan'.

Pengennya sih gitu. Pengennya.... Tapi, manusia hanya bisa berencana. Tuhan lah yang menentukan. Mau lulus cepat dan tepat waktu tapi ada aja halangannya. Mulai dari topik skripsi yang ditolak dosen pembimbing, dosen pembimbing yang susah ditemuin, sampai semangat dan motivasi yang semakin menurun.

Begitupun yang terjadi pada gua ketika menyusun skripsi. Buanyaak buanget halangan dan rintangan yang harus gua hadapi selama menyusun skripsi. Jika sebelumnya gua sudah pernah menulis tentang susahnya masuk Undip, pada postingan ini akan sedikit menceritakan bagaimana susahnya keluar dari Undip, mulai dari memilih dosen pembimbing, ngajuin judul, revisi yang 'never ending', sampai akhirnya sidang. Eits, ga cuma cerita doang, dalam postingan kali ini gua juga akan berbagi tips dan trik menyususn skripsi bagi mahasiswa akhir. So, check this out!

PERHATIAN : Post ini bersifat Panjang x Lebar x Tingggi. Siapkan camilan Anda! 



siapkan camilan Anda!
Skripsi ga bisa lepas dari yang namanya dosen pembimbing atau yang sering kalian sebut dosbing, dospem, atau apalah itu. Di jurusan gua, mahasiswa bebas memilih dosen pembimbing. Gua pilih Pak W (pilihan pertama) dan Pak M (pilihan kedua). Kedua dosen itu gua pilih karena menurut gua mereka adalah dosen 'terenak' di jurusan gua. Sejujurnya sih gua pengen banget dapet Pak W, tapi ternyata gua dapet Pak M sebagai dosen pembimbing. Hmmm yaudah lah ya. Masa gua harus menjadi 'Pedenor' alias 'Perebut Dosen Orang' hanya untuk mendapatkan Pak W?

FYI, Ada 7 mahasiswa di angkatan gua yang dibimbing oleh Pak M. Tapi gua lebih sering bimbingan bareng 2 temen gua, yakni Novi dan Nine.


Yang perlu kalian ketahui bahwa setiap dosen pembimbing memiliki aturan dan kebiasaan sendiri. (1) Ada yang langsung bisa bimbingan tanpa bawa judul, (2) Ada yang harus ngajuin judul dulu sebelum bimbingan, (3) ada juga yang harus nyusun proposal Bab 1 sampai Bab 3. Nah, dosen pembimbing gua tuh tipe ketiga. Jadi, mau ga mau gua harus nyusun Bab 1 sampe Bab 3 kalau mau bimbingan.


Sempet bingung buat nentuin judul skripsi, akhirnya gua memutuskan buat menulis skripsi dengan tema pusat pertumbuhan baru di Semarang. Anjayyy, keren ga tuh? Keren sih.. tapi judulnya ditolak WKWKWK. Sedih ga? Pasti dong! Gimana ga sedih, hampir seluruh waktu liburan semester gua habiskan untuk buat proposal skripsi, tapi semuanya maneh-maneh alias sia-sia.


Tidak mau tenggelam dalam kesedihan *ciah* gua pun menyusun proposal lagi. Kali ini judulnya hampir sama dengan judul pertama, yakni Kecamatan Tembalang sebagai pusat pertumbuhan baru di Kota Semarang. Anjayyyyy. Keren ga? Banget... Tapi tetep ditolak lagi... Dua kali aja topik skripsi hamba ditolak. "MENTANG-MENTANG KULIAH DI TEMBALANG JADI KAMU MAU ANGKAT SKRIPSI TENTANG TEMBALANG??? TIDAK SEMUDAH ITU, SADEWO" kata Pak M yang sampai sekarang masih terngiang-ngiang di kuping gua.



Pak M be lyke....
Gua ga putus asa. Gua pun memutar otak, mencari topik skripsi yang pasti bakal diterima oleh dosbing. Mendapat inspirasi topik skripsi dari senior-senior alumni, gua pun memutuskan untuk meneliti tentang pengembangan salah satu desa wisata di Semarang dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Intinya, AHP itu membutuhkan key person (narasumber) yang ahli di bidangnya. 

Udah tuh, akhirnya dengan penuh perjuangan gua wawancara pihak-pihak yang gua jadikan narasumber yakni Bappeda Semarang, dosen sekolah tinggi pariwisata, dinas pariwisata, pelaku usaha agrowisata, dll. Bahkan gua sempet 3 kali survei ke Desa Wisata itu yang letaknya di Kecamatan Mijen. Jarak Tembalang-Mijen tuh jauuuh banget asli, ditambah jalannya yang naik turun bukit (Kalo ga percaya, coba deh cek di Google Maps). Kali ini gua yakin banget judul bakal disetujui, Dan! Yasssss judul gua di-acc dong!!!!!!!!!!!! Gila ga tuh... Tapi boong.. WKWKW. Judul skripsi gua pun ditolak untuk yang ketiga kalinya :"""")



"Mending kamu skripsian di Jakarta. Kamu mengabdi sama kampung halaman kamu. Daripada skripsian di Semarang. Di sana masalahnya lebih kompleks, kamu juga lebih tau seluk beluknya" -Pak M.

Sabda yang mulia tersebut terus terngiang-ngiang di telinga gua. "Apa iya gua harus ambil topik di Jakarta supaya skripsi gua di-acc?" Gua pun muter otak (entah berapa kali otak gua udah diputer), apa masalah yang ada di Jakarta? Hmmmmm. Banjir? Kriminalitas? Kemiskinan? Kemacetan? Nah, Kemacetan! Kalian udah tau lah ya kalo Jakarta itu biangnya macet. Terus, apa kaitan kemacetan itu dengan ilmu ekonomi?


Setelah konsultasi sama Mbah Google, akhirnya terkuaklah *ciah* bahwa salah satu penyebab kemacetan di Jakarta adalah tingginya volume kendaraan pribadi dari Kota Bekasi. Kemacetan ini pun mengakibatkan kerugian ekonomi. Daaaan, salah satu upaya mengatasi kemacetan adalah dengan menyediakan Bus Transjabodetabek yang melayani trayek Bekasi-Jakarta. Hmmm kelihatannya menarik. Akhirnya gua putuskan untuk ambil topik itu.


Udah tuh, proposal udah jadi kan. Udah dibaca dan direvisi juga sama Pak M. Apaqah langsung di-acc? Hoho tentu saja tidak. "Saya suka sama topik kamu. Tapi tolong lebih digali lagi latar belakang sama landasan teori"



ASHIAAAAAPPPPPPP PAK AKAN SAYA GALI BAHKAN SAMPE INTI BUMI

Pas dia bilang "saya suka sama topik kamu" tuh rasanya pengen ngebelah atmosfer berlapis-lapis. meluncur bareng paus akrobatik, terus ngebut menuju rasi bintang paliiiing manis. Ya meskipun belom di-acc sih, tapi setidaknya udah ada titik terang kalo judul gua bakal di-acc. Waktu itu udah bulan april 2018, dan gua gabisa ikut wisuda periode april 2018. Bye bye april :(


Judul udah 50% Fix, tinggal menggali lebih dalam sesuai dengan perintah dosbing. Apakah penderitaan gua udah selesai? Tentu saja belum HAHAHA. Masih ada yang namanya REVISI. Skripsi tanpa revisi itu ibarat gua pacaran sama BCL, Gak mungkin.



Nyusun skripsi tanpa revisi? GAK MUNGKIN!
Revisi ini juga salah satu faktor 'penghambat' kemajuan skripsi gua. Setiap bimbingan pasti ada aja revisinya. Entah itu revisi latar belakang, revisi landasan teori, metode penelitian, bahkan keredaksian. Pusing aku tu. Ditambah lagi waktu itu gua belom lulus ujian komprehensif (kompre). Jadi, jurusan gua nerapin sistem baru yakni mahasiswa yang mau ujian skripsi (sidang) harus lulus kompre dengan nilai minimal 70. 

Ngerjain skrispi sekaligus belajar materi kompre itu bener-bener bikin pikiran bercabang. FYI, materi ujian kompre itu pengulangan dari semester satu sampe lima, misal pengantar teori ekonomi, ekonomi makro-mikro, ekonomi moneter, pembangunan dll. Duh, mahasiswa tua seperti saya kayaknya udah lupa sama materi-materi itu. Yang ada di pikiran mahasiswa tua itu cuma Lulus-Kerja-Dapet duit-Nikah *halah.


Singkat cerita sih, akhirnya gua lulus ujian kompre setelah percobaan ke-6. Mantap kan? Alhamdulillah, satu beban udah berkurang. Tapi, beban revisi belom berkurang wkwk. Waktu itu udah bulan Juni. Kesempatan buat ikut wisuda periode agustus kayaknya mustahil. Bye bye agustus :(. Entah mesti jawab apa kalo ditanya keluarga besar pas kumpul lebaran. "KOK BELUM LULUS?"


Baca Juga : Kuliah Sambil Kerja 'Part Time'? Bisa! 

Bulan Juni, Juli, Agustus gua habiskan untuk revisi. Bulan september, gua diizinkan untuk sebar kuesioner percobaan sama dosbing. Yesh, one step closer beibih!! Tapi proposal belum di-acc dong wkwk. Bulan september-oktober pun gua habiskan hanya untuk revisi. Rasanya tuh revisi ga ada habisnya kayak kasih ibu kepada beta. It just like never ending revision :(. Dan... sekali lagi gua melewatkan kesempatan wisuda di periode oktober....



Baca Juga : Ramadhan di Perantauan

Sedih? Pasti. Kesedihan kali ini terasa lebih berat karena temen-temen seperjuangan gua udah wisuda duluan. Kalian bisa bayangin ga, temen yang dulu sering makan bareng, sekelas bareng, satu organisasi bareng, jalan-jalan bareng, bobo bareng (?) udah jadi sarjana dan ninggalin kita yang masih berjuang?!!!! Bayangkan!



Teganya klean meninggalkan aku :(
Tapi, kesedihan ini ga berlangsung lama karena proposal gua akhirnya di-acc dong! Alhamdulillaaah. Rasanya gua pengen teriak supaya seisi ruangan dosen bisa tau betapa bahagianya hati ini. Abis di-acc, langsung deh secepat kilat gua selesain dari Bab 1 sampe Bab 5. Lagi-lagi, jalan untuk acc skripsi tak semulus wajah personil Blekping. Ya, gua masih harus revisi lagi. 

Waktu itu udah mendekati november. Hati inih semakin was-was. Apa gua bisa sidang bulan desember terus dapet wisuda periode Januari? Ataukah gua akan kembali melewatkan wisuda periode Januari? Waktu itu gua udah bener-bener pasrah. Nine dan Novi? Nasibnya sama kayak gua.


Jumat, 30 November 2018 gua kembali bimbingan. Kali ini gua bener-bener pasrah kalo memang masih ada revisi. Saat itu gua udah dalam keadaan ikhlas 10000% nerima revisian. Dan ternyata........keadaannya berbeda 180 derajat. Skripsi gua di-acc dong! Ya allah.. gua bener-bener speechless parah. Ga tau lagi mau bilang apa. Pak M bilang kalo gua udah dibolehin nge-print skripsi dan daftar sidang. One step closer!


Selasa, 4 Desember 2018, gua ke kampus buat minta tanda tangan pengesahan skripsi sekaligus pengajuan permohonan dosen penguji skripsi ke Pak M


Gua : "Pak saya mau minta tanda tangan"

Pak M : "Tanda tangan apa?"
Gua : "pengajuan dosen penguji pak"
Pak M : *tandatangan* "Hmmm yaudah kamu sidang hari jumat ya"
Gua : *kaget tujuh turunan* "Hah, jumat ini, Pak?!"
Pak M : "Iyalah, emang mau kapan lagi? Tahun depan?!!"


syok aku tuh
Anjirrr syok ga tuh? Daftar sidang tanggal 4 terus sidangnya tanggal 7. Which means literally gua cuma punya 3 hari buat persiapan sidang. Padahal normalnya mahasiswa bisa ikut sidang minimal 7 hari setelah pendaftaran. Sedikit kelabakan, tapi untungnya power point (ppt) udah gua cicil dari jauh-jauh hari. Beberapa persiapan pun gua lakukan, salah satunya latihan simulasi sidang bersama Henty si wanita petualang pemilik blog Lifestyle Anak Petualang.

Jumat, 7 Desember 2018. Hari yang paling menakutkan sekaligus hari yang paling gua tunggu selama kuliah ; SIDANG. Gua kebagian jadwal jam 9.30. "Ah ini mah berangkat dari kosan jam setengah 9an juga bisa,"pikir gua. Sekitar jam 7.50an, tiba-tiba gua ditelpon sama pihak kampus. 


"Mas, kamu di mana? Kamu sidang hari ini kan? Kok belom dateng sih? Ini dosen-dosennya udah pada dateng loh".


Anjir kaget gak tuh? Kali ini bukan kaget 7 turunan lagi, tapi 14 turunan coy!!! Gua kangsung Line temen gua si Aris alias Manto buat temenin ke kampus. "Tenang wa, tenang" kata Manto sambil membawa motornya dengan kecepatan cahaya. Yang bikin nyesek adalah.. kalian mau tau apa yang terjadi di kampus? Ruang sidangnya masih kosong dong, dosennya belum dateng. Jangan bilang itu semua hanya prank.. :)




Lanjut cerita, dosen-dosen pengujinya udah dateng tuh. Akhirnya gua disidang. Gua masuk ruangan sidang sekitar pukul 9.15. Pikiran awal gua sidang itu kita bakal dibantai habis-habisan. Ternyata nggak sama sekali! Gua merasa sidang ini lebih mirip ke arah diskusi sih. Dosen bertanya, mahasiswa menjawab. Saling bertukar pikiran sih. Dan alhamdulillah banget, gua gak banyak revisi. Bahkan, kepenulisan skripsi gua gak direvisi sama sekali. Gua jadi paham, jadi selama ini maksud Pak M selalu revisi setiap bimbingan tuh biar mahasiswa bimbingannya ga banyak revisi ketika sidang. Dan itu 1000% benar. 


Alhamdulillah banget perjuangan selama ini berbuah manis. Gua dinyatakan lulus walaupun masih harus revisi. Sekitar pukul 10.00 gua pun keluar ruangan sidang, dengan gelar Sarjana Ekonomi *walaupun belum resmi* :"""""))



I am beyond grateful

Nah itu dia perjalananan panjang seorang Akhmad Sadewa Suryahadi dalam menyelesaikan skripsi dan meraih gelar sarjana ekonomi. So, guys pelajaran yang bisa diambil dari proses menyusun skripsi adalah tidak ada hasil yang mengkhianati usaha, karena hasil itu akan berbanding lurus dengan usaha.


Bukan bermaksud menggurui, tetapi ada sedikit tips bagi kalian yang akan atau sedang menyusun skripsi maupun tugas akhir :


  1. Pikirkan matang-matang sebelum memilih dosen pembimbing, jangan sampai 'nyesel' di kemudian hari. Dosen pembimbing ini memegang peranan vital dalam menentukan kelulusan kalian. Pertimbangkan apa kelebihan dan kekurangan beliau, apakah beliau orang yang 'enak' untuk diajak kerjasama, apakah beliau sedang sibuk dengan proyek atau tidak (sehingga tidak mengganggu jadwal bimbingan) dll
  2. Ajukan judul yang benar-benar kalian kuasai. Jadi ketika ditanya dosbing, kalian bisa dengan mudah menjelaskan topik skripsi kalian. Pastikan topik kalian memiliki 'masalah' yang bisa diselesaikan. Skripsi itu menyelesaikan masalah, bukan mengada-adakan masalah. Ingat, skripsi yang baik itu bukan skripsi yang susah dan njelimet, tetapi skripsi yang paling baik adalah skripsi yang selesai.
  3. Harus pandai-pandai atur waktu, terutama jika kalian sudah masuk semester 7 atau 8. Kurangi bermalas-malasan atau main-main.
  4. Sering-sering mampir ke perpustakaan entah untuk baca/pinjam buku maupun ngerjain skripsi. Atmosfir kampus akan membantu meningkatkan semangat kalian buat ngerjain skripsi.
  5. Misal nih *amit-amit* judul kalian ditolak dan gabisa diperjuangkan, Tinggalin! Ganti judul baru. Tetap ikuti kata dosen pembimbing kalian karena ilmu dan pengetahuan mereka jauuuh di atas kalian. Jangan terlalu sedih juga. Cepet move on dan segera ajukan judul baru.
  6. Kuncinya adalah konsisten dan tetap semangat. Kalau kalian merasa lelah, ingatlah ada orang tua yang jauuuuuh lebih lelah cari nafkah buat biayain kuliah kalian. Apapun keadannya, selalu berdoa kepada Tuhan dan minta restu kepada orang tua.

Untuk kalian para pejuang skripsi di luar sana, yang sedang berjuang meraih gelar sarjana untuk membanggakan orang tua; PERCAYALAH KALIAN PASTI BISA! 





Tujuan memperoleh pengetahuan adalah memelihara karakter seseorang. Tetapi orang yang hanya mengejar pengetahuan sebagai tujuan akhir akan kehilangan makna pendidikan
-pepatah Cina


*Disclaimer : postingan ini tidak bermaksud untuk menakut-nakuti calon mahasiswa/mahasiswi ekonomi. Hanya bermaksud untuk berbagi pengalaman. 

12 komentar:

  1. wkwkkwwk selalu ketawa kalo baca tulisanmu! sukses terus ya dew!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk makasih lho lit. See u on top. Kapan2 main lagi yakk di semarang :D

      Hapus
  2. Kisah mu bagus bro... Gila aku juga salah satu yang terperangkap di jurUsan ekonomi pembangunan... Waduh, bakalan susah ya? ? ? Kira-kira ada kemungkinan untuk lulus 3 setengah tahun gak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan lulus 3.5 tahun itu ada. Tapi kebanyakan anak ekonomi pembangunan terkendala di pembuatan skripsi, akhirnya banyak yang molor. Kalau merasa salah jurusan, jalanin dan nikmatin aja. Kalo udah lulus pasti bakalan kangen sama masa2 kuliah :D

      Hapus
    2. bang saya maba ekopem 2019. Bang gw mau nanya dong wkwkkw, jadi kan gw lagi dilanda pikiran yg amat labil antara milih ekopem apa manajemen. Setalah membaca blog bang sadewa gw jadi berpikir dua kali mau masuk ekopem wkwk. Apa gw ganti jurusan aja ya bang? soalnya masih bisa di ganti jurusan... Tolong pencerahannya ya bang

      Hapus
    3. Saranku, lebih baik kamu pilih Ilmu ekonomi. Percaya deh, ekonomi itu ga sesulit yang kamu bayangin. Spektrum pengetahuan kamu bakal lebih luas dengan belajar ekonomi. Ekonomi itu asyik kok.. Kalo kamu jalanin dengan hati yang ikhlas, insya allah akan dipermudah...:D

      Hapus
  3. Mantap kak akhirnya lulus juga ya setelah melewati berbagai macam perjuangan. Semangat kak kehidupan pasca kampusnya!

    BalasHapus
  4. Eh kak.. nanti hitung2anya boleh pakai kalkulator kan tiap ada tugas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget kok. Bahkan ketika ujian pun kita diperbolehkan pakai kalkulator, dengan catatan kalkulator fisik ya bukan kalkulator HP.

      Hapus
  5. halo bang, mau nanya, dulu abang ambil konsentrasi apa bang di ilmu ekonomi?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.