Trip to Lombok part I : Drama menuju Mandalika


Setelah hampir dua tahun ngedokem di rumah karena pandemi, akhirnya gua berkesempatan buat jalan-jalan lagi. Eh sebenernya ini bukan murni jalan-jalan sih, tapi ada kerjanya juga wkwk. Daaan, kali ini gua dapat undangan dari PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) untuk kunjungan (site visit) ke proyek mereka di………………………Mandalika! Gila ya, udah lama ga keluar jauh, sekalinya keluar eh malah keluar pulau. HAHA rejeki ga ke mana, guys!

Site visit ini akan dilakukan dengan enam orang jurnalis dari enam media nasional, sebut saja Mba Feni, Mas Aji, Mas Akbar, Bang Gilang, dan Mas Ghafur.

Kebetulan rombongan dari Jakarta dapat penerbangan pertama, dan itu lumayan pagi sekitar jam 06.10. “Oke, berangkat jam 4 bisa nih. Ke PGC naik bus Agra Mas,” pikir gua. Bus Agra gua pilih karena lebih murah ketimbang naik Go-car atau taksi.

Biar ga telat, gua pasang alarm mulai jam 02.30, dan di-repeat setiap 5 menit sekali. Kalo telat kan berabe. Dan di sinilah drama menuju Mandalika dimulai….

Bagi yang ngira gua bakal kesiangan, kalian salah! Gua bangun tepat waktu kok, haha. Singkat cerita, akhirnya gua sampe di PGC sekitar jam 04.05, agak telat 5 menit sih. Nah untungnya ada satu bis Agra Mas yang masih ‘ngetem’ di terminal PGC. Naik dong gua, dan kebetulan saat itu cuma gua seorang penumpangnya. 

5 menit, 10 menit, kok sopirnya gak dateng-dateng. Sampe 20 menit kok supirnya kagak dateng-dateng. Akhirnya sekitar jam 4.30, supirnya masuk ke dalam bis

W : Pak, ini kapan berangkat ya? Sebentar lagi kah?

S : Oh nggak mas, ini berangkat jam 5. Soalnya bis yang jam 4 udah berangkat

ASTOGE Kalo berangkat jam 5 alamat bisa ketinggalan pesawat gua. Waktu boarding jam 5.40 soalnya. Akhirnya gua langsung pesen go-car, biar sat set sat set langsung nyampe bandara. Niat awal mau hemat, ujung-ujungnya teteup naik Go-car :(

Si abang Gocar membawa mobilnya dengan kecepatan cahaya. Singkat cerita akhirnya gua sampe bandara sekitar pukul 5 pagi. Dan pemandangannya, masya allah… RAME PUOLLLL. Kayak udah ga ada Covid lagi..Hal yang pertama gua lakukan adalah cetak tiket. Tapi ya itu, konter cetak tiketnya ngantre banget.. aduh alamat ketinggalan pesawat..

Akhirnya gua keluar antrean buat cetak tiket mandiri.. TAPIIIII LAGI-LAGI ADA DRAMA. Mesin cetak boarding pass-nya eror.. ARGHH!! Drama apalagi ini?????!! Sekitar jam 5.20, antrean masih juga panjang. Gua juga ketemu mas-mas yang mau terbang ke Lombok tapi belum bisa cetak tiket. Paniklah kita berdua..

Sekitar 5.30, karena antreannya masih super panjang, akhirnya ada petugas maskapai yang bilang : “Yang terbang ke Lombok bisa pindah ke sini,”. Akhirnya gua segera nyamperin mas-masnya. “Mas, saya mau terbang ke Lombok, tapi belum cetak boarding pass. Mesin cetak mandirinya juga eror. Bisa pake e-ticket gak ya?,”

“Bisa. Ayo mas udah mepet waktunya” kata mas-mas petugas.

Akhirnya gua segera bergegas menuju pesawat, mudah-mudahan aja bisa pake e-ticket ya allah. Dan ternyata bisa dong! Cuma perlu nujukkin boarding pass lewat HP. Hufttt.. bener-bener drama :”””

Setelah melalui banyak drama, sampai juga saya di Mandalika!

Zainudin Abdul Majid  International Airport (Lombok International Airport)

Pesawatkuuu terbang ke bulan (?

Welcome to the Island of Lombok

Destinasi pertama yang kami sambangi adalah Rumah Makan Balap Puyung Rinjani 2. Jaraknya ga terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok. Namanya unik ya, pake embel-embel ‘balap’. Apa karena letaknya yang berdekatan dengan Sirkuit Mandalika (?). Ternyata memang nama makanan ini adalah nasi balap atau nasi puyung. Dinamakan ‘Puyung’ karena kuliner ini berasal dari Kampung Puyung, Jonggat, Lombok Tengah.

Rumah makan balap puyun

Sajian nasi ini cukup lengkap, ada ayam kampung goreng, kering kentang, oseng buncis, dan suwiran daging ayam. Seporsi sambal plecing kangkung khas Lombok ditambah sepotong tahu dan tempe melengkapi nasi balap puyung ini.

Rasanya? Ayam kampungnya krispi dan gurih. Sambelnya? Beuhhh pedesss. Gua termasuk orang yang suka pedes sih, tapi jujur sambal plecingnya pedes. Yang paling hot sih ayam suwirnya. Gokil pedes banget, sampe nangis gua makannya huhu.

Seporsi nasi balap puyung lengkap dengan sambal plecing

Setelah menyantap nasi balap puyung khas Lombok, kami kemudian berangkat menuju salah satu proyek garapan Wika Gedung, yakni Hotel Pullman, yang letaknya di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Saat ini sudah dibangun jalan layang (bypass) yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika yang bisa mempersingkat waktu tempuh.

Sekilas jalan ini kelihatannya baru banget selesai dibangun. Masih ada pengerjaan sana-sini, pohonnya masih banyak yang belum tumbuh, dan jalannya yang masih agak berdebu. Maklum, bypass ini dibuat dengan membelah bukit kapur. Pekerjaan yang membutuhkan waktu yang paling banyak adalah membelah gunung dan membuang material dari gunung untuk membangun jalan.

Setelah kurang lebih 25 menit perjalanan, sampailah rombongan media di hotel Pullman Mandalika. Kesan pertama ketika lihat hotel ini : MASYA ALLAH BAGUS BANGET!

Tampak depan Hotel Pullman Mandalika

Dan katanya rombongan media bakalan nginep di hotel ini. Beuhh seneng gak tuh, nginep di hotel bintang 5 satu-satunya di Mandalika. HAHA. Yang bikin gua ngiler tuh view nya yang langsung ke pantai lepas! Asli, pantainya jernih banget. Pasirnya putih. Sebagai warga Jakarta yang jarang liat pantai, rasanya tuh bersyukur banget Allah menciptakan pantai sebagus ini..

Siapa yang gak ngiler coba......

Memang, ketika gua ke sana, hotel Pullman Mandalika ini belum sepenuhnya rampung. Menurut manajemen, progress pengerjaan saat itu sudah mencapai 97%, dan hanya perlu menyelesaikan (finishing) pekerjaan minor seperti penataan taman.

Sebagai gambaran aja nih, Hotel ini punya 257 kamar, terdiri dari 27 vila dan 230 kamar, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, restoran, kolam renang, pool bar, gym & spa, serta sarana ibadah. Dan yang kerennya lagi guys, air keran di sini udah siap minum loh! *ala-ala luar negeri ya haha*

Deretan vila dengan atap khas rumah adat Suku Sasak

Bukan Sadewa namanya, kalau jalan-jalan tanpa dibumbui drama. Udah mengkhayal banget nginep di Pullman. View-nya ke lepas pantai, bisa berendam di bath tub, dan bisa olahraga di fsilitas gym. Tapi, mimpi tinggallah mimpi. Ternyata, Pullman Mandalika udah full booked sama tamu-tamu dan peserta yang akan ikut World Superbike Championship di Sirkuit Mandalika.. Nasib, nasib..

Akhirnya rombongan cari alternatif hotel lain, yang jaraknya masih dekat dengan sirkuit Mandalika. Dan ternyata udah penuh semua dong wkwk.

Akhirnya, rombongan media dipecah menjadi dua. Mba Feni, Mas Akbar, Mas Aji, nginep di Villa. Sementara gua, Bang Gilang, Mas Gahfur, nginep di Hotel Mad Monkey, hostel baru di kawasan Kuta Lombok.

Mad Monkey Kuta Lombok, NTB

Tempatnya not bad lah ya. Cukup bagus dan nyaman buat pelancong ala-ala. Kamar mandinya luas, shower-nya bisa dingin dan panas, kasur double bed-nya juga luas. AC juga lumayan sejuk. Colokan juga tersedia. 

Fasilitas kamar Mad Monkey

Nah yang jadi masalah, di hostel ini gak menyediakan sikat gigi sama odol alias cuma sabun dan shampo doang. Sementara gua gak bawa sikat gigi karena udah yakin banget bakalan nginep di Pullman (kalo hotel bintang 5 udah pasti disediakan alat mandi lengkap dong). Dan ternyata, temen-temen yang lain pun sama, ga ada yang bawa alat-alat mandi. Alhasil melipir ke Alf*amart buat beli perlengkapan mandi  WKWKW

Nah sekian drama-drama hari pertama di Lombok. Nantikan drama hari kedua di Lombok. Stay tune!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.