Konten Seru dan Bermanfaat di TikTok Chyeeeeeek~

Masih ingat dengan Bowo Alpenliebe? Yap, ABG ini sempat jadi buah bibir karena mengadakan meet and greet dengan HTM yang dirasa kurang rasional. Bowo pun jadi bulan-bulanan warganet. "Artis TikTo*d, kerjaannya cuma joget-joget gajelas tapi tiket meet and greet nya mahal banget!!,"caci warganet kala itu.

Sejak saat itulah mungkin masyarakat mulai memandang TikTok sebagai aplikasi yang ‘kurang mendidik’. Sejumlah stigma pun dilempar ke aplikasi yang berasal dari Negeri Panda tersebut. Aplikasi gajelas lah, cuma buat joget doang lah. Bahkan, ada selentingan yang berbunyi “Sekarang buka TikTok berasa buka bucket KFC. Isinya kalo nggak paha, ya dada,”. Sejumlah akun twitter maupun Instagram pun bermunculan, dan dibuat khusus untuk menampilkan ke’cringe’-an anak TikTok.

Long story short, untuk mengisi waktu luang, akhirnya gua memutuskan untuk mendownload aplikasi TikTok. Jujur, penasaran sih sama isi dari TikTok. "Apa iya isinya joget-joget, thok?,". U know laaa, pandemi membuat aktivitas kita di luar ruangan menjadi semakin minim. Walaupun profesi gua adalah seorang jurnalis-yang notabenenya harus liputan ke lapangan-, tapi selama pandemi, hampir 100% pekerjaan gua lakukan dari rumah alias work from home (WFH). Percaya gak, gua bahkan udah melakukan WFH sejak Maret 2020. Nah loh udah mau setahun kan...

Setelah kurang lebih sepekan mendalami dunia TikTok, pertanyaannya : "Apakah semua konten Tiktok berisikan paha, dada, dan konten-konten cringe, Wa?" No, No, No! Kalian salah besar! Ternyata TikTok juga punya segudang konten-konten seru dan bermafaat, yang cukup related dengan kehidupan sehari-hari. Tanpa menunggu lama, ini dia beberapa konten seru dan bermafaat di TikTok chyeeeek versi Akhsadew!

1. Konten fotografi dan edit foto dengan HP

Ternyata bikinnya mudah kok. Cukup pake PicsArt aja :)


Salah satu konten TikTok yang menurut gua paling menarik dan bermafaat adalah tutorial cara memotret yang baik dengan menggunakan kamera HP. Gua yakin lah, pasti yang baca tulisan ini pasti punya HP kan? Nah, di TikTok tuh buanyak buangetttt content creator yang menyajikan tips fotografi yang cukup berguna bagi kalian yang emang suka foto-foto dengan kamera ponsel. Misal, bagaimana cara memotret gedung yang tinggi dan lebar banget, sementara jangkauan kamera kalian cukup terbatas. Nah, ternyata kalian bisa menggunakan wide mode. Atau, kalian juga menggunakan mode panorama untuk memotret objek yang luas dan tinggi. 

Salah satu jepretan kamera w hasil belajar dari TikTok. Pamer dikit bolela wks
Gak cuma tips motret doang, guys. Di TikTok juga banyak tersedia tips dan trik gimana cara edit foto yang gampang banget. Mulai dari bikin preset ala-ala, cara edit foto manipulatif, sampai tips menggunakan beberapa aplikasi editing yang berbeda, mulai dari PicsAsrt, Lightroom, sampai Photoshop for mobile.

Oh iya, di TikTok juga banyak banget konten cara bikin instastory dan postingan yang lebih menarik. Cobain deh! Lumayan kan bisa nambah engagement akun kalian. Gak cuma sekadar tips fotografi dan editing aja, guys. Di TikTok juga ada content creator yang memberikan sejumlah tips gaya berfoto dengan hasil maksimal. Dijamin no mati gaya mati gaya club.

2. Teknik shoot video dan editing video

Tips membuat transisi video
Masih berkaitan dengan kamera, menurut gua tips dan trik video di TikTok ini cukup berguna bagi vlogger, Youtuber, atau selebgram yang gak punya kamera profesional. Di TikTok banyak banget konten yang berisikan bagaimana men-shoot video dengan baik sampai cara bikin transisi video yang antimainstream.

Gak cuma teknik ambil video aja, di TikTok juga banyak banget tips-tips editing video tentunya dengan aplikasi yang mobile friendly, mulai dari KineMaster, CapCut, Adobe, hingga Premiere Clip. Hasilnya? DUARRRRRR. Bagus-bagus banget! Gak keliahatan kalau itu dibikinnya pake HP! Haha. 

3. Konten ala-ala On The Spot

Mas Abibayu panutan q
“Pemirsa, ini dia 7 keajaiban dunia yang terlupakan versi On The Spot”. Kalian pasti sangat familiar dengan suara ini, bukan? Yap, konten serupa juga bisa kalian temukan di TikTok, mulai dari deretan hotel bintang 7 termahal di dunia, planet aneh di jagad raya, negara dengan luas wilayah tersempit di dunia, konten konspirasi elit dunia, dan sebagainya. Di TikTok banyak bangettt jenis konten yang berbasis fakta seperti ini, guys, baik yang disajikan dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Dijamin konten-konten kayak gini bakal bikin pengetahuan umum kalian bertambah.

4. DIY Content

Liat doang, bikinnya kagak = Sadewa

DIY di sini do it yourself loh ya, bukan Daerah Istimewa Yogyakarta :(. Jujur konten ini salah satu konten yang paling gua suka di TikTok, dan sering banget muncul di FYP gua (meskipun ga pernah dipraktekin sih HAHA). Udah tau FYP, belum? Jadi, FYP atau For Your Page ini merupakan deretan video-video yang sedang populer di TikTok. FYP juga merupakan halaman rekomendasi untuk pengguna, yang disesuaikan dengan preferensi pengguna *CMIIW.

Nah, konten DIY di TikTok ini beragam banget. Konten DIY ini ada yang terinspirasi dari Pinterest, tapi banyak juga yang merupakan ide orisinil dari si TikTokers. Mulai dari cara membungkus kado yang antimainstream lah, bikin bunga imitasi dari sampah plastik lah, atau cara bikin hadiah handmade buat pacar atau temen yang lagi wisuda, ulang tahun, atau nikah. Kok baca kata ‘nikah’ tiba-tiba jadi sedih ya :(.

Gak ketinggalan, di TikTok juga banyak banget konten bikin makanan atau minuman handmade. Biasanya sih dikasih dikasih backsound Play Date by Melani Martinez yang bunyinya I guess I'm just a playdate to you. Huuuuuuuuuuuu hu huuu huuu. Kalau mau cari tahu tentang makanan dan minuman handmade tinggal ketik hashtag #ResepTikTok.

Buat yang lagi cari ide dekorasi kamar biar lebih estetik, kekinian, dan edgy, kayaknya kalian juga mesti download TikTok, deh. Atau, kaum bapak dan ibu rumah tangga yang cari ide dekorasi ruang tamu atau ruang makan? Jangan khawatir! Di TikTok ada juga kok!

5. Review Film

Cara mbak nya mereview film bagus banget, jadi bikin penasaran dan mau nonton filmnya 
Mulai dari ulasan film horror, thriller, romantis, sci-fi, sampe komedi, semuanya ada di TikTok. Salah satu hikmah dari download TikTok adalah, ternyata banyak banget drama dan film Korea yang kayaknya seru dan gak kalah sama film produksi Hollywood. Ah jadi pengen nonton film Koriyah kan :(. 

6. Belajar bahasa dan/atau budaya suatu negara

Meskipun cuma konten basic, tapi manfaatnya luar biasahhh
Mulai dari belajar kata benda, basic grammar, konjungsi, slang, advanced English, sampai cara yang benar dalam melafalkan kata dalam bahasa Inggris (pronunciation). Dan konten semacam ini berguna banget for improving my broken English (?). Dan yang menariknya lagi, gak jarang ‘tutor’ atau si pembuat konten merupakan seorang penutur asli (native speaker). So, kita bisa belajar dari penuturnya langsung, loh.

Gak cuma Bahasa Inggris, konten belajar bahasa asing lain pun bisa kalian temukan di TikTok. Mulai dari Bahasa Mandarin, Bahasa Prancis, Bahasa Spanyol, Thailand, hingga Jepang. Kebanyakan penyaji konten ini merupakan mixed-blood, yang orang tuanya menikah dengan WNA, atau mungkin ekspatriat yang sudah lama tinggal di tanah air tercinta. Jadi, selain bisa menjelaskan dengan bahasa asing, si content creator ini juga bisa menjelaskan dengan bahasa Indonesia yang cukup fasih

Gak berhenti sampai di situ, banyak juga TikTokers yang menyajikan konten yang berkaitan dengan budaya suatu Negara. Misal, kenapa sih orang Thailand kalau ada sesuatu yang lucu nulisnya ’555’? Kenapa orang luar (barat) gabisa jongkok lama-lama? Kenapa orang Indonesia norak banget kalau ketemu bule? Kenapa operasi plastik dan *maaf* hamil di luar nikah menjadi hal yang lumrah di Korea Selatan? Kenapa di Pulau Bali ga ada gedung pencakar langit? Dan lain sebagainya.

7. Konten duet

Mau bikin duet flight attendant ini, tapi suara gua cempreng nauzubillah WKWK

Mulai dari duet acting, duet nyanyi, duet main alat musik, duet voice over (VO) semuanya ada. Ada juga duet conversation (biasanya duet percakapan dalam Bahasa Inggris) yang tentunya bisa menambah skil bahasa asing kalian. Ada juga sih konten duet joget-joget tapi w gasuka dan selalu w skip WKWKWK.

***

Nah guisss ternyata banyak banget kan konten-konten seru dan bermanfaat di TikTok selain joget-joget? Selain ketujuh hal di atas, masih buanyak banget konten bermanfaat di TikTok lainnya, misal tips seputar kesehatan, tips jalan-jalan murah ke tempat wisata, tips merawat kendaraan, tips mengerjakan soal matematika, lifehacks, dan lainnya.  

Meskipun masih awam di dunia per-TikTok-an, tapi bisa gua simpulkan bahwa video yang mucul di beranda kalian itu tergantung dari FYP masing-masing.

Seperti yang gua jelaskan tadi, TikTok mengenal adanya FYP. Misal, kalian suka stalking dan lihat video joget-joget, pasti video yang banyak muncul di beranda kalian ya gak jauh-jauh dari video joget-joget. Pun begitu kalau misalnya kalian suka stalking akun fotografi, pasti FYP kalian dipenuhi video tips fotografi. Betul atau betul?

Bukannya gua mendiskrediktkan orang yang suka joget-joget di TikTok, ya. Terserah kok, itu hak mereka. Tapi di sini Akhsadew hanya ingin meluruskan bahwa TikTok ga cuma sebatas joget-joget aja kok :)

Dan jangan lupa bahwa sosial media itu ibarat dua mata pisau. Jika kita menggunakannya dengan benar, maka akan memberikan manfaat bagi kita. Tapi, jika kita menggunakannya dengan tidak tepat, maka pisau tersebut kemungkinan besar bakal membuat kita terluka. So, bijaklah dalam bersosial media, guys. 

Akhir kata, yuk kita berdoa bersama supaya pandemi ini cepat selesai. Asli, bosen banget WFH soalnya:(. Bagi yang mau berbagi pendapat mengenai TikTok, jangan lupa komen di bawah yaaa!

Social media is changing the way we communicate and the way we are perceived, both positively and negatively. Every time you post a photo, or update your status, you are contributing to your own digital footprint and personal brand

-Amy Jo Martin

2 komentar:

  1. bener banget! Tik tok memang awalnya ngeselin banget kontennya kebanyakan paha dan dada, hahaha. Tapi seiring waktu jadi banyak yang bikin konten bagus dan mendidik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Setiap sosial media pasti punya sisi positif-negatifnya, ya. BTW thanks for visiting mba :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.