Mencicipi Nasi Kebuli Otentik Khas Timur Tengah di Kebuli Jordan Condet


Sebagai kantong permukiman penduduk keturunan Arab di Jakarta, kawasan Condet telah lama dikenal menjadi surga bagi pecinta kuliner khas Timur Tengah. Salah satu kuliner yang bisa kita temukan di sini adalah nasi kebuli, hidangan khas Timur Tengah yang dikenal kaya akan rempah-rempah.

Nah, ada satu restoran nasi kebuli yang menarik perhatian gua. Restoran ini belum lama dibuka sih, tapi ruameeenya Masya Allah. Nama restorannya Kebuli Jordan. Lokasinya persis di Jalan Raya Condet, dekat kawasan Alhawi. Tau Alhawi, gak? Itu loh, tempat jual minyak wangi. Tempatnya juga gampang ditemuin kok, nanti ada plang ‘Kebuli Jordan’ dengan ikon foto pria berwajah Arab dengan senyum simpul.

Nah karena penasaran dengan Kebuli ini, akhirnya gua, Intan, dan Hendri memutuskan untuk mampir ke warung makan ini. Sebelum ke sana, kita searching dulu menu-menu dan harganya. Ternyata gak terlalu mahal untuk ukuran makanan luar negeri. Ya harganya standar karyawan lah~

Jadi, di Kebuli Jordan ini ada menu satuan dan menu loyangan (biasanya untuk rombongan lebih dari dua orang). Mungkin paket Loyang ini menyesuaikan tradisi Timur Tengah yang biasa makan bersama di satu loyang kali ya. *Ini analisis sotoy w doang si WKWK

Menu Kebuli Jordan

Paket loyang ini ukurannya bervariatif (mini, sedang, besar) dengan jumlah potongan ayam yang berbeda juga, mulai dari 3 potong, 5 potong, dan 10 potong ayam. Pun begitu dengan kebuli kambingnya, ada yang 3 potong, 5 potong, dan 10 potong kambing. Nah kami pesan kebuli ayam Loyang mini dengan 3 potong ayam, katanya bisa untuk 3-5 orang. Pas lah ya~

Paket Loyang mini untuk tiga orang ini juga cukup murah, Cuma Rp 100.000 tapi bisa untuk 3 orang. Which is, setiap orang hanya perlu merogoh kocek Rp33.000 sahaja.

Untuk menu minumnya standar lah ya. Ada es teh manis, air mineral, soft drink. Et tunggu dulu, ada satu minuman yang cukup nyentrik, yakni Teh Arab Maklum. Teh apakah itu? Karena penasaran, kami bertiga akhirnya memesan Teh Arab Maklum seharga Rp10.000. Masa makan nasi kebuli tapi minumnya es teh manis? Gak asik dong ah.

Pelayanan di sini juga cukup oke. Kurang dari 15 menit, pesanan gua udah jadi dong. Wow secepat itu. Penasaran? Yuk kita bedah satu persatu.

Seperti yang gua bilang tadi, gua pesan satu loyang mini dengan tiga potong ayam. Ukuran loyangnya lumayan besar, dengan diameter sekitar 45cm. Ketinggian loyangnya juga lumayan, sekitar 5cm-8cm. Ada sambelnya juga ternyata.

Yoww kebuli Jordan is in the house~~

Selama ini gua mengenal nasi kebuli dengan ukuran bulir nasi sedang, berwarna kecoklatan, dan agak berminyak (oily). TAPIIII ternyata nasi kebuli di sini tuh bedaaa buanget sama nasi kebuli yang sering gua makan. Bulir nasinya panjang-panjang, terus warnanya kuning pucat (malah lebih mirip nasi kuning). Nasinya juga kering dan gak berminyak.

Ternyata jenis beras yang digunakan di sini adalah beras basmati, beras yang biasa digunakan dalam masakan khas India dan Timur Tengah, seperti nasi kebuli dan biryani. Rasa nasinya juga cenderung soft, dan lebih didominasi oleh rasa rempah kering seperti kapulaga, lada, dan cengkeh. Beda banget sama nasi kebuli yang selama ini gua makan, yang lebih didominasi oleh rasa rempah basah seperti bumbu bawang-bawangan dan warnanya cenderung gelap (Mungkin karena faktor akulturasi budaya kali ya).

Ayamnya juga gak kalah juara! Asli enak dan empuk banget dong! Rempahnya meresap sampai ke tulang. Yang paling gua suka tuh kulit ayamya, krispi banget. Jangan lupa cobain sambal kebuli (sambuli) nya. Pedesnya naudzubillah! Lebih pedes dari pertanyaan “Kapan nikah?” ke orang yang sudah berusia 25 tahun ke atas :(

Karena lagi pandemi, kami meminta piring masing-masing untuk meminimalkan penularan

Asli padahal gua cuma nyocol sambalnya sedikit dong, eh pedesnya bener-bener kerasa sampe tenggorokan wkwk. Kalau yang suka pedas sih ini surga banget. Tapi kalau yang gak suka pedas, mending mikir dua kali deh.

Cobain nasi kebuli udah, ayam panggang udah, sambuli juga udah. Tinggal satu menu yang belum gua coba, yakni Teh Arab Maklum. Warna tehnya coklat muda, sekilas mirip teh susu pada umunya. Pas gua cium secara sekilas emang aroma teh ini bau rempah-rempah sih. Pas gua minum.. Hmmm ternyata bener dong rasanya rempah-rempah banget WKWKW. Pantes aja namanya Teh Arab Maklum, ternyata rasanya ya Harap Maklum juga :(. Sekadar saran, yang kurang suka teh dicampur rempah-rempah mendingan pesen es teh biasa.

Setelah mencicipi nasi kebuli khas Jordan, berikut adalah penilaian pribadi Akhsadew.com

  • Nasi : 8/10. Nasinya enak, rasa rempahnya pas. Gak berminyak juga dan porsinya pas buat bertiga.
  • Ayam : 8,5/10. No comment ini mah. ENAK BANGET TOLONG!
  • Sambuli : 8/10. Sebagai pencinta pedas, sambalnya enak banget.
  • Teh Arab Maklum : 5/10. Harap maklum sama rasanya, rempah banget :(

Nah bagi kalian yang mau mencicipi nasi kebuli otentik dari Timur Tengah, bisa banget dateng ke Nasi Kebuli Jordan. Gak cuma di Condet Raya, Kebuli Jordan juga ada di bilangan Bintaro, Palem Semi, dan Pasar Lama Tangerang. *PS : Nasi Kebuli Jordan menyediakan layanan pesan antar (delivery).

There is no love sincerer than the love of food

― George Bernard Shaw

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.