'Bahtera Nabi Nuh' di Pinggiran Kota Semarang


Sudah pernah mendengar kisah Nabi Nuh? Seorang nabi yang diperintah Allah untuk membangun kapal/bahtera besar guna menyelamatkan kaumnya dari banjir bandang. Meskipun kini keberadaan  bahtera Nabi Nuh masih menjadi misteri, kita masih dapat melihat ‘replika’nya dalam bentuk sebuah masjid unik dan cantik di Semarang

Hah serius lu wa??

Iya dong. Kapan sih gua bohong? *padahal sering

Sebenarnya, kunjungan ke Masjid Kapal ini merupakan sebuah ketidaksengajaan. Bermula ketika gua melakukan prasurvei untuk proposal skripsi ke salah satu Desa Wisata di Kecamatan Mijen. Ketika perjalanan pulang tak sengaja kulihat tulisan papan penunjuk bertuliskan ‘Masjid Kapal’. Hmmm menarik.... Capek abis survei plus panas-panasan, sepertinya solat dan istirahat di Masjid Kapal adalah sebuah pilihan menarik.

FYI : Kalian harus tau guys……. Proposal skripsi gua akhirnya ditolak… wwkw. Tapi hikmahnya, gua bisa berkunjung ke rumah Allah yang megah ini.

Masjid Kapal Nabi Nuh Semarang
Masjid 'Kapal' Semarang
Disebut Masjid Kapal karena bentuk bangunan ini menyerupai kapal, dengan badan bagian bawah dilapisi kayu berwarna cokelat sementara bagunan utamanya berwarna putih. Masjid ini dibuat terlihat seperti mengapung karena di sekeliling masjid ini dibangun kolam ikan. Masjid ini bernama asli Masjid Safinatun Najah milik yayasan Safinatun Najah Pekalongan.

Dibangun di tanah seluas 4000m2, bangunan ini terdiri atas 4 lantai yang fungsinya berbeda-beda. Lantai pertama digunakan sebagai ruang pertemuan, balai pengobatan, dan tempat wudhu. Lantai kedua dan ketiga digunakan sebagai tempat ibadah, serta lantai empat merupakan tempat untuk melihat pemandangan sekitar yang masih berupa hutan dan sawah. Masjid Kapal Semarang dibangun dengan panjang 50 meter, lebar 17 meter, dan tinggi 14 meter.

Masjid Kapal Nabi Nuh Semarang
Lantai 2

Masjid Kapal Nabi Nuh Semarang
Lantai 3
Masjid Kapal Nabi Nuh Semarang
Pemandangan dari lantai 4
Masjid Kapal Nabi Nuh Semarang
kubah di lantai 4
Masjid ini sempat viral di awal peresmiannya tahun 2017 silam. Banyak pengunjung yang antre dan berdesakan untuk melihat masjid ini. Tetapi hal yang sebaliknya terjadi ketika gua berkunjung. Gak banyak pengunjung yang datang ke masjid ini. Hanya ada satu keluarga berisi 5 orang yang datang dan salat di masjid ini.
Masjid Kapal Nabi Nuh Semarang
Tampak depan
Boleh dibilang akses menuju ke masjid ini cukup sulit. Selain tanda penunjuk jalan yang langka, jalan menuju masjid ini juga berlubang dan rusak. Padahal masjid ini memiliki potensi besar untuk menjadi ikon wisata baru Kota Semarang.
Masjid Kapal Nabi Nuh Semarang

Gak perlu mengeluarkan kocek ekstra untuk berkunjung ke masjid unik ini. Hanya dengan Rp 3000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati kemegahan rumah Allah yang terletak di alan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.