Yang Serba 'Ter' di Jakarta


Jakarta, kota yang terletak di utara Pulau Jawa ini menyandang predikat sebagai ibukota Indonesia. Sebagai ibukota, tentu pembangunan di Jakarta lebih pesat dan maju di antara wilayah lainnya di Indonesia. Kota yang sudah berusia 498 tahun ini juga menyimpan bangunan bersejarah yang umurnya bahkan tertua di Asia Tenggara bahkan dunia. 

Mungkin selama ini kita mengenal Jakarta sebagai kota yang macet, kotor, dan penuh dengan kemiskinan. Eits, jangan salah! Jakarta juga punya beberapa hal yang serba ter, baik di Indonesia bahkan dunia. Berikut adalah yang serba 'Ter' di ibukota tercinta, mulai dari yang terbesar, terpanjang, terluas, hingga tertua, yang beberapa diantaranya bakal bikin kita semakin bangga sebagai warga Jakarta.

1. The Peak Towers : Apartemen Kembar TERTINGGI di Dunia
sumber : skyscrapercity
Terletak di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Apartemen The Peak dirancang oleh DP Architects. Dengan tinggi 265 m (termasuk antena), The Peak Twin Towers dinobatkan sebagai apartemen kembar tertinggi di dunia. The Peak mulai dibangun tahun 2003 dan selesai pada tahun 2007.

2. Medan Merdeka : Alun-alun TERLUAS di Asia Tenggara.

Lapangan yang terletak di jantung ibukota Jakarta ini sudah berulang kali berganti nama, mulai dari Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, hingga Lapangan Monas. Dengan luas 80 hektar, lapangan ini adalah alun-alun terbesar di Asia Tenggara.

3. GBK : Stadion TERBESAR di Asia Tenggara


Stadion yang terletak di Senayan, Jakarta Pusat, ini dibagun dalam rangka menyambut Asian Games tahun 1962 yang diadakan di Indonesia. Kapasitas awal dari stadion ini adalah 120.000 penonton, tetapi menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton. Kabar terbaru menyebutkan, menyambut Asian Games 2018, GBK akan direnovasi salah satunya adalah dengan mengubah bentuk kursi menjadi singel seat. Renovasi ini akan mengurangi jumlah kapasitas GBK menjadi sekitar 65.000 penonton.

4. Masjid Istiqlal : Masjid TERBESAR di Asia Tenggara


Masjid nasional yang terletak di Jalan Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat, ini dibangun sebagai rasa syukur bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang diraihnya. Masjid Istiqlal memiliki luas 95.000 m2 dan mampu menampung lebih dari 120.000 jamaah. Hal ini menjadikan Masjid Istiqlal sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara dan terbesar ke-4 di dunia setelah Masjid Al Haram di Mekkah, Masjid An-Nabawi di Madinah, dan Masjid Imam Reza di Iran. Salah satu keunikan tempat ibadah umat Islam ini adalah arsiteknya yang seorang penganut protestan dan letaknya yang berdekatan dengan Gereja Katedral yang merupakan tempat ibadah umat katolik. Sungguh mencerminkan kerukunan umat beragama. selengkapnya di sini

5. Transjakarta : BRT dengan Rute TERPANJANG di Dunia

sumber : infojakarta.net
TransJakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang beroperasi sejak tahun 2004. Dengan jalur sepanjang 208 km dan 218 halte, TransJakarta dinobatkan sebagai BRT dengan jalur terpanjang di Dunia. 


6. Taman Impian Jaya Ancol : Taman Wisata Terintegrasi TERLUAS di Asia Tenggara
sumber : indonesiawow.com
Taman Impian Jaya Ancol merupakan kompleks wisata terpadu yang terletak di Pademangan, Jakarta Utara. Dengan luas 552 Ha, Ancol merupakan kompleks wisata terpadu terbesar di Asia Tenggara.


7. Museum Gajah : Museum TERTUA dan TERLENGKAP di Asia Tenggara

sumber : nowjakarta.co.id
Didirikan pada tahun 1778, museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, ini merupakan museum pertama dan tertua di Asia Tenggara. Pada tahun 2006 jumlah koleksi museum sudah melebihi 140.000 buah, menjadikan museum ini sekaligus menjadi yang terlengkap di Asia Tenggara. Museum ini juga sering disebut Museum Gajah karena di depan museum ini terdapat patung gajah perunggu pemberian raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1821.selengkapnya baca di sini


8. Mall taman Anggrek : Layar LED TERBESAR di Dunia


LED Screen yang membungkus eksterior gedung (façade) Mall Taman Anggrek ini diresmikan pada bulan Februari 2012. LED dirancang mengikuti lekuk gedung dengan pancaran cahaya lampu yang bergerak dinamis, mampu menampilkan animasi video gambar yang penuh warna. Dengan panjang 353,4 meter dan tinggi 25 meter, terdiri dari 28.152 modul rangkaian lampu LED yang jika dijajar panjangnya akan mencapai 70,38 kilometer, menjadikan LED ini sebagai yang terbesar di Dunia. Meskipun demikian, ternyata LED ini hanya menggunakan 3 persen dari total penggunaan listrik untuk seluruh gedung mall di bilangan Grogol, Jakarta Barat ini.

9. Terminal Pulogebang : Terminal Bus TERBESAR di Asia Tenggara


Tidak mau kalah dengan kotamadya lain, Jakarta Timur pun patut membanggakan Terminal Pulogebang. Pasalnya, terminal yang diresmikan oleh Menhub pada Desember 2016 lalu ini digadang-gadang sebagai terminal terbesar di Asia Tenggara. Terminal ini nantinya akan dijadikan basis utama bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) baik menuju atau keluar Jakarta.

10. Pasar Tanah Abang : Pusat Grosir TERBESAR di Asia Tenggara
sumber : capangker.com
Terletak di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Pusat perbelanjaan Tanah Abang diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Tanah Abang terdiri dari berbagai gedung seperti Blok A, Blok B, Blok F, Blok G, dan Metro Tanah Abang. Di setiap gedung tersebut ada ribuan toko yang menjual aneka jenis tekstil. Pusat perdagangan pakaian dan tekstil di Indonesia ini telah ada sejak 1775.


11. Gramedia Matraman : Toko Buku TERBESAR di Asia Tenggara
sumber : theandino.blogspot.com
Toko buku berlantai 4 ini terletak di bilangan Matraman, Jakarta Timur. Dibuka oleh mantan Presiden SBY pada tahun 2007, toko buku ini diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.


12. Glodok : Pusat Elektronik TERBESAR di Asia Tenggara

sumber : inilah.com
Daerah di Jakarta Barat ini dikenal sebagai Pecinan terbesar di Batavia karena mayoritas warga Glodok merupakan keturunan Tionghoa. Glodok Plaza merupakan pusat terbesar perdagangan komputer di Asia Tenggara.

13. Jakarta Gems Center : Pusat Batu Permata TERBESAR di Asia Tenggara

sumber : www.embancincin.com
Jakarta Gems Center adalah surga bagi para pecinta Batu Mulia, sebuah mall berlantai 4 penuh dengan dagangan batu mulia. Pasar yang terletak di Jatinegara, Jakarta Timur, ini terkenal sebagai pasar Batu Mulia terbesar di Asia Tenggara selain  Gems Tower di Bangkok, Thailand. Harga batu mulia yang ditawarkan bervariasi, mulai dari batu akik 20 ribuan sampai batu safir bernilai ratusan juta rupiah. Letaknya yang berdekatan dengan Stasiun Jatinegara membuat pasar ini mudah diakses dari kota-kota di sekitar Jakarta.
14. Pemakaman Kebon Jahe : Kompleks Pemakaman Modern TERTUA di Dunia

sumber : doyanliburan.com
Sebagai kota tua, Batavia (Jakarta) memiliki sejuta tempat bersejarah. Salah satunya adalah sejarah keberadaan makam modern tertua di dunia yang bernama Pemakaman Kebon Jahe Kober (Kerkhof Laan) atau yang sekarang dikenal sebagai Museum Taman Prasasti. Makam yang awalnya memiliki luas 5,9 hektar itu dibangun pada 28 September 1795, dengan dibatasi tembok di sekelilingnya. Kompleks Makam yang terletak di Jakarta Pusat ini lebih tua dari Fort Cannin Park (1926) Singapura, Gore Hill Cemetery (1868) Sidney, La Chaise Cemetery (1803) Paris, Mount Auburn Cemetery (1831) Cambridge, atau Arlington National Cemetery (1864) Washington DC. Banyak tokoh era kolonial yang pernah dimakamkan di sini sebelum dipindahkan ke tempat lain seperti Olivia Mariana Raffles (istri Gubernur Jenderal Hindia Belanda), Dr Jan Laurens Andries Brantes (ahli sastra dan tafsir Jawa kuno), serta JHR Kohler. 


15. Tambora : Kecamatan TERPADAT di Asia Tenggara

sumber : kompasiana
Data Bulan Oktober 2013 mengatakan bahwa jumlah penduduk di kecamatan Tambora sebanyak 263.856 jiwa. Dengan luas wilayah yang hanya 540.11 Ha dan jumlah penduduk 263.846 jiwa, menjadikan kecamatan di Jakarta Barat ini sebagai kecamatan terpadat di Asia Tenggara. Tak pelak, kepadatan penduduk ini menjadikan Tambora sering mengalami musibah kebakaran akibat sulitnya akses pemadam kebakaran.

5 komentar:

  1. Mantaaap! Thanks lho gan, berkatmu kini saya bisa tau jakarta lebih dalam

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.