MMS (Mengenang Masa-Masa Sekolah) Part I




Mengenang masa-masa sekolah dulu emang ga ada abisnya. Mulai dari TK, SD, SMP, sampai SMA semuanya punya kenangan tersendiri. Suka, duka, canda, tawa, semuanya ada. Selain belajar, di sekolah juga kita bisa bertemu teman-teman dari berbagai latar belakang yang berbeda. Di sekolah juga kita bertemu dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

Siapa lagi kalau bukan guru ? Mulai dari guru yang baik, guru yang gabut, sampe guru yang paling killer juga bisa kita temui di sekolah. Berikut ini pengalaman gue selama bersekolah dari mulai TK sampai SMA

1.       TK RATNA KUSUMA

Gue memulai pendidikan gue dari kelas 0 besar di TK RATNA KUSUMA. Jarak dari rumah gue sih ga terlalu jauh. Tapi setiap upacara hari Senin pasti gue kena setrap mulu, soalnya selalu terlambat datengnya L . Dan asal tau aja, di TK ini gue mulai mengenal cinta *EAAAA wakak. Yang jelas sih cinta monyet. Dulu gue sempet suka (sempet ya, sekarang sih udah nggak) sama anak cewek yang namanya S*ri. Ciri-cirinya rambutnya hitam, kulitnya putih uuuuuh pokonya tipikal gue banget waktu ituu haha. Dan di TK inilah gue mendapatkan pengalaman pahit. Pas kelas renang hari Sabtu, gue yang emang belum pernah berenang sama sekali nekat buat nyebur ke kolam renang. Alhasil, gue pun tenggelam. Oh God, how embarrassing wkwk. Karena waktu TK gue ditungguin sama nenek gue, nenek gue yang ngelihat cucunya tenggelam Cuma bisa tereak-tereak “Eh putuku! Putuku!” (Eh cucuku, cucuku!). Sumpah, sejak kejadian itu, gue jadi agak takut buat berenang. Hasilnya sampai sekarang gue gak bisa berenang sama sekali L


2.       SDN 011 PAGI BATU AMPAR

Setelah lulus dari TK, gue melanjutkan pendidikan di SDN 011 BATU AMPAR. Karena jaraknya yang ga terlalu jauh sama rumah, setiap hari gue pergi ke sekolah dengan berjalan kaki. Duduk di sekolah dasar selama 6 tahun membuat masa-masa SD gue sangat berwarna.
·         Kelas 1
Waktu kelas 1, pengalaman yang paling tak terlupakan itu saat ada suntik gratis dari puskesmas (karena SD gue sebelah-sebelahan sama puskesmas). Dan karena mayoritas murid SD pada takut sama jarum suntik, alhasil banyak temen-temen gue yang nangis karena ga mau disuntik. Bahkan temen gue yang bernama Husain Mochammad sampe nangis terguling-guling karena ga mau di suntik wakakak *sori sen buka aib. Tapi kini, Husen sudah tumbuh menjadi pria yang kuat dan tangguh eaaaaaa

·        Kelas 2
kelas dua ini sama kayak kelas satu. JARUM SUNTIK! Oh iya, di kelas dua ini, gue dibimbing oleh walikelas yang kebetulan adalah tetangga nenek gue. Namanya Bu Mamah. Jadi ya udah kenal baik. Hehe. Karena SD gue deket sama kebun kosong, pas kelas dua SD dulu gue sering berburu kadal & bunglon abis pulang sekolah. Berani banget kan gue? 

·       Kelas 3
Pada Desember 2004, Aceh diterjang gempa dan disusul oleh Tsunami yang sangat dahsyat. Nah, di kelas tiga ini, kelas gue kedatengan siswa pindahan dari Aceh, namanya Rizky Putra Utama. Kalo gak salah, Ibunya jadi salah satu korban tsunami Aceh (CMIIW). Kelas kita pun sangat menaruh simpati sama dia. Nah, karena anaknya asik dan baik, dia jadi cepet akrab sama temen-temen di kelas. Bahkan waktu itu, dia lumayan deket sama gue. Namun, dia bersekolah di Jakarta ga lama guys, selang beberapa bulan, dia pindah ke Aceh lagi. Kita sekelas sedih ditinggalin dia. Sejak dia pindah, gue ga pernah berkomunikasi lagi dengan dia. Boro-boro ketemu. Sampai sekitar pertengahan Maret lalu, dia nge-add akun Path gue, dan akhirnya kita berhubungan lagi selama bertahun-tahun hilang kontak. Oiya! Waktu kelas 3 ini gue juga pernah dipanggil kepala sekolah gara-gara ketahuan naik meja di laboratorium. Trus gue sama temen-temen gue (sekitar 4 orang) dipanggil ke ruang kepala sekolah. Gue yang emang dulu masih polos banget Cuma bisa senyum-senyum pas Kepsek marahin gue (aneh ya diomelin malah senyam senyum). Eh gara-gara gue senyum-senyum kek orang ga waras, gue diginiin sama Kepsek ”Heh kamu yang senyam-senyum! Mau saya tampar kamuuu??!!!” DUARRRRR wakakak. Gue langsung kicep.

·        Kelas 4
Di kelas empat ini sih biasa-biasa aja. Yang gue inget sih gue pernah nabrak anak kelas 3 waktu main Buaya-Buayaan. Jadi pas gue lagi lari, gue nabrak anak kelas 3 yang lagi lewat sampe dia jatoh terus dengkulnya berdarah-darah gitu deh. Gue panik, trus gue minta maaf ke dia sama ke wali kelasnya. dan kejadian ini terulang untuk kedua kalinya -_-. Waktu kelas 4, gue juga pernah kena penyakit aneh. Jadi sepulang sekolah, telapak tangan gue gatel-gatel. Awalnya sih gatel biasa, tapi paginya pas bangun tidur, tangan gue udah gembung, jadi kayak sarung tangan plastik yang ditiup :(. Kalo dipencet isinya angin-angin doang, ya mirip balon lah. Gue nangis, takut tangan gue meledak. Soalnya lama-lama makin gede (lebay njir wkwk ). Akhirnya gue dibawa ke 'Orang Pintar' (Tapi dia ga minum tolak angin ya haha). Nah kata si 'Orang Pintar' ini, tangan gue kena bisa ular pas main di kebun belakang sekolah. Akhirnya dia ngasih obat buat nyembuhin tangan gue yang jadi 'balon' itu. Kalau gak salah obatnya campuran kapur sirih sama apa gitu gue lupa. Alhamdulillah sih, sembuh.

·       Kelas 5
Nah, inilah masa-masa SD yang menurut gue paling indah. Di kelas lima ini, gue dapet wali kelas yang Super baik. Namanya Bu Hari. Pas kelas lima ini, gue ditunjuk Beliau buat jadi dirigen paduan suara. Aneh banget ga sih, cowok jadi dirigen? Haha. Awalnya gue gak mau, tapi Beliau selalu meyakinkan gue kalau gue bisa. Akhirnya setiap kelas gue kebagian jadi petugas upacara, selalu gue yang jadi dirigen padus. Tapi dulu suara gua mayan bagus katanya, ga kayak sekarang.

Di kelas 5 ini juga gue diajarkan beliau main suling. Sampai sekarang, suling adalah satu-satunya alat music kesukaan gue. Dulu, gue juga sering nangkep kecebong (berudu) di selokan deket Puskesmas sama temen-temen. WHAT???? SELOKAN?? Iyaa! Selokan!! Entah mengapa dulu gue orangnya ga jijikan kayak sekarang wkwk. Sampe-sampe, selokan pun gue ubek-ubek Cuma buat nangkep kecebong. Nah trus saat kelas lima ini, gue berhasil mendapat piala pertama dalam hidup gue. Waktu itu ada Olimpiade Sains Nasional, nah Bu Hari menunjuk gue buat ikut OSN IPA. Awalnya gue ga mau, ga mau banget. Karena gue merasa kurang bisa di pelajaran IPA. Tapi Beliau meyakinkan kalau gue pasti bisa. Akhirnya gue terpaksa ikut tuh haha. Nah abis ngerjain soal OSN, trus gue balik ke sekolah. Ketika lagi di kantin, tiba-tiba temen sekelas pada teriak-teriak :”Wa, wa, Lo menang OSN tahap pertama!” Dapet piala deh hehe. Sumpah gue kaget banget. Big thank to Bu Hari yang telah membuat gue berhasil meraih piala pertama gue.

Ya walaupun di tahap selanjutnya gue gagal, tapi akhirnya gue sudah membuktikan kalau gue bisa! Orang baik pasti disayang Allah. Allah sayang banget sama Bu Hari, sehingga pada 2011 lalu, Beliau dipanggil Yang Maha Kuasa L Beliau meninggal karena kanker rahim. Sampai sekarang, gue belum bisa ziarah ke kuburnya. Tapi setiap selesai solat, gue selalu kirim doa buat Beliau. Terima Kasih banyak, Bu. Semoga semua ilmu yang telah engkau berikan kepada murid-muridmu, menjadi pahala yang bisa membuatmu masuk ke dalam surga-Nya. Aamiin.

·         Kelas 6


Nah, tiba juga saya di penghujung masa Sekolah Dasar. Kelas 6 ini boleh dibilang adalah masa paling penuh liku-liku selama gue SD. Dari kelas 1 sampai kelas 5, gue itu kelas A (1A-5A), tapi di kelas 6 ini, kelas gue diubah jadi kelas B. Kok bisa? Aku pun tak tahu. Kelas berubah, walikelas pun juga ikut berubah. Nah, yang kelas 6A ini ga terima kalau walikelasnya diubah. Gak tau deh kenapa. Gue dibimbing sama walikelas namanya Bu Lermasinta. Rumor-rumornya, beliau galak banget wkwk. Tapi setelah gue dibimbing sama Beliau, hal itu ga terbukti tuh. Pas kelas 6 ini, gue ikut semacam les sama walikelas sepulang sekolah. Sebelum les, gue dan temen-temen pasti selalu keliling-keliling ke luar sekolah. Ga tau nyari apaan -_-. Sebenernya sih sama satpam sekolah (Pak Iwan) ga boleh, tapi sepik-sepiknya ambil bekal di rumah *maapin saya Pak Iwan. Oh iya, Pak Iwan ini juga orangnya ramah banget. Bahkan waktu gue udah masuk SMA, dan kebetulan pulang sekolah lewat SD, dia masih inget sama gue. Trus juga tutur katanya halus banget gitu deh. Jarang-jarang loh ada satpam kayak dia. Waktu kelas 6 juga lagi sering-seringnya manggil temen pake nama orang tua wkwk. Tarlim, Tintin, Siti, Heri, Juju, Toto, Icha, Susi, Jono, Ujang, Ade, Andi, adalah nama-nama orangtua temen-temen gue yang masih gue inget sampai sekarang wkwk. 

Yang paling ngakak itu waktu ujian praktek seni budaya. Murid kelas 6 disuruh nanyi salah satu lagu daerah dari Jakarta. Karena kebanyakan pada nyanyi lagu Kicir-Kicir, akhirnya yang nyanyi lagu Kicir-Kicir langsung dikasih nilai 6 ga pake lama wakak. Untung waktu ujian praktek, gue nyanyi lagu Jali-Jali. Daaaan Tibalah saatnya Ujian Nasional!! Jeng-jeng!! Biasa aja sih sebenernya. Ga tau kenapa pas SD, gue ga terlalu mikirin UN dan Hasilnya. Pengumuman pun tiba, dan Alhamdulillah gue lulus dan bisa masuk SMP favorit. Tapi sedihnya, gue harus berpisah sama temen-temen SD gue yang telah menemaniku selama 6 tahuun. Tapi itulah hidup. Setiap ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. But life must go on !


========================BERSAMBUNG========================

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.